belajar ngebatik, belajar batik | My Modest style

Belajar Ngebatik di Museum Tekstil Jakarta

Bicara mengenai fashion Indonesia, pastinya kita juga harus bicara tentang batik. Menurut Wikipedia:

Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan.

Walaupun kata 'batik' sendiri berasal dari Indonesia, ternyata teknik ngebatik sendiri sudah ada sejak awal abad 4 di Mesir. Di Indonesia batik mulai tercatat sejak abad 8, semenjak Majapahit.

Sekarang ini, alhamdulillah banyak sekali kegiatan/workshop belajar ngebatik yang tersedia untuk kita ikuti, dari kursus secara intensif hingga dua jam kelar.  Museum Tekstil Jakarta di Tanah Abang, Jakarta Barat juga menawarkan kegiatan serupa dengan harga yang sangat terjangkau (dibanding batik workshop lainnya). Harga tiket masuk untuk museum 5,000 IDR, sedangkan untuk belajar ngebatik sendiri termasuk harga materialnya ialah 40,000 IDR.

Museum Tekstil Jakarta | My Modest Style
Museum Tekstil Jakarta

Ada tiga gedung utama di sini, dua gedung yang menampilkan bahan-bahan dan pendopo yang menjadi tempat kita belajar batik, letak pendopo ini di belakang. Museum Tekstil sendiri mempunyai koleksi kain yang lumayan beragam dan menarik, batik, songket, ikat sampai bagaimana cara membuat tekstil dari kulit kayupun dibahas di museum ini. Hari Senin museumnya tutup yah.

Sebenarnya, museum ini masih bisa dikembangkan lebih baik, dari display keterangan, pencahayaan, penambahan koleksi dan lainnya. Aku yakin kolektor pribadi di Indonesia jauh mempunyai koleksi bahan yang lebih canggih dari ini. In sha Allah dengan menambahnya minat masyarakat terhadap museum akan makin berkembang museum-museum kita.

Belajar Ngebatik

Praktek belajar ngebatik | My Modest Style
Praktek belajar ngebatik

Ruangan pendopo ini besar, diset-up dengan kursi-kursi kecil yang disandang dengan tungku malam dan peralatannya. Pertama kita bayar ke petugas sebesar 40,000 IDR kalau terlanjur sudah bayar HTM nanti akan dikembalikan sisanya. Tuh coba, sangat dimudahkan ya sama pemerintah! Tinggal dateng aja bawa badan karena peralatan dan bahan sudah termasuk.

  • Kain sebesar 40 X 40 cm
  • Malam, canting, peralatan dipinjamkan
  • Pola yang bisa dicontoh
  • Pelayanan dari petugas untuk mewarnai kainnya
  • Petugas yang ramah juga akan menjelaskan dasar-dasar ngebatik

Kegiatan ini sendiri berlangsung sekitar 1.5 sampai 2 jam, jadi setelah mengagumi keragaman tekstil Indonesia kita bisa langsung belajar. Paling telat pendaftaran jam 3 sore ya! Musholla dan toilet yang nyaman juga tersedia, ada taman pulak untuk kita menikmati udara bebas.

ngebatik | My Modest Style
Kain dilapisi malam
Mulai ngebatik | My Modest Style
Mulai ngebatik

Setelah kain polos telah selesai diberi malam, kain tersebut akan 'dimasak' dengan pewarna, lilinnyapun akan dilelehkan, digantung sebentar hingga kering, langsung bisa dibawa pulang.

Bagian pewarnaan batik | My Modest Style
Bagian pewarnaan batik

Apa perlu skill dulu untuk belajar batik? Engga kok, yang penting pengen aja. Batikanku aja hasilnya lumayan berantakan karena belum bisa rapih, malamnya banyak yang menetes bleber hahaha! :D

Ga apa yang penting kita enjoy.

Mereka juga menerima grup dalam jumlah besar kalau nggak salah 20 orang juga bisa. Yang penting kasih down payment dulu. Kalau kamu ada ide untuk bikin workshop sendiri bisa juga, tinggal kita kerjasama dengan pihak museum, bikin paket yang menarik misalnya kainnya diganti dengan kualitas lebih baik, tambah menu boks makan siang sembari piknik di tamannya (jangan lupa buang sampah di tempatnya) dan lain lagi. Banyak juga turis asing yang sangat berminat untuk ngebatik, lumayan jugakan untuk nambah uang saku? ;)

Sebenernya di dalam museum itu sendiri juga sangat menarik untuk ngadain acara, ruangannya luas, ga usah didekor terlalu banyak karena tekstilnya sendiri udah sangat cantik dan bangunannya model kolonial, parkiran cukup luas, tempat ibadah ada, dan pastinya pihak museum akan seneng kalau acara kita bisa menambah awareness. Everybody wins!

Yuk, ajak keluarga kita dan temen-temen untuk main ke Museum Tekstil dan belajar sesuatu! Daripada ke shopping mall, mari kita mulai menciptakan sesuatu daripada belanja terus ;)